Scroll to Top

Peluang Usaha Bubur Ayam Modal Kecil Untung Besar

By / Published on Saturday, 17 Dec 2016 07:44 AM / Comments Off on Peluang Usaha Bubur Ayam Modal Kecil Untung Besar / 629 views
gratis tupperware promo deltagrosir katalog

Usaha Bubur Ayam


Peluang usaha bubur ayam
– Menu makanan yang satu ini memang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang lezat, aroma yang harum, dank has. Dengan kondisi yang masih hangat, bubur mampu membuat suasana pagi yang biasanya dingin menjadi hangat, sehingga semangat pagi pun muncul bagi yang memakannya.

peluang-usaha-bubur-ayam

Selain itu, Bagi mereka yang menderita penyakit tertentu dan dilarang makan makanan yang keras-keras, mengandung minyak, dan lainnya biasanya juga dianjurkan untuk makan bubur ayam. Selain makanan nya yang halus dan lembut, bubur ayam juga memiliki nilai gizi yang tinggi sebagai makanan harian. Segment pasar bubur ayam sangat luas, karena mencakup segala umur.

Bubur ayam sebagai jenis usaha juga yang banyak ditemukan di tepi-tepi jalan di pagi hari saat orang mencari sarapan pagi yang praktis dan bergizi. Bagi orang yang pencernaan yang sensitive, bubur termasuk menu wajib. Rasa bubur ayam lebih enak karena lebih penuh bumbu dibandingkan bubur khusus orang sakit.meskipun demikian, baik bubur khusus orang sakit maupun bubur ayam pada umumnya tetap sama-sama nikmat.

Sebelum anda memutuskan untuk membuka usaha bubur ayam, maka ada baiknya jika menyiapkan langkah-langkah berikut ini. Pertama, anda harus mencari dan memiliki resep bubur ayam yang sedap. Ini adalah kunci pertama yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Rasa berkaitan dengan selera dan kesukaan pembeli.

Kedua, memilih tempat usaha yang stategis. Tentukan jenis usaha anda, apakah mau berkeliling jalan atau menetap secara permanen di satu tempat. Tempat berjualan juga sebaiknya tidak mematikan selera makan pembeli, misalnya, di dekat selokan air atau tempat sampah umum.

Ketiga, memiliki peralatan yang di perlukan untuk menjual bubur ayam. Jika anda berjualan dengan tempat yang menetap (di kios), gerobak tanpa roda mungkin sudah cukup. Tetapi jika ingin berkeliling, tentu gerobak beroda merupakan sebuah keharusan.

Keempat, Anda harus belajar bagaimana masak bubur ayam yang sesuai dengan selera kebanyak orang. Jangan hanya menuruti lidah sendiri karena bisa jadi, menurut lidah anda itu baik, tetapi bagi krbanyakan orang belum tentu demikian.

kelima, Untuk mengetahui selera pasar agar <strong>peluang usaha ini lancar, anda bisa mengadakan survey kecil dengan meminta pendapat teman atau keluarga mengenai rasa bubur ayam yang sesuai selera masyarakat umum. Kelemahan dalam bubur ayam dapat diperbaiki sebelum anda benar-benar menjual untuk konsumsi umum.

Keenam, siapkanlah orang yang akan membantu anda jika pembeli banyak. Hal ini harus anda antisipasi sendiri, terutama setelah dagangan laris diserbu pembeli. Dalam kondisi ini, anda akan keteterandalam menangani pembelijika hanya sendirian. Apalagi pembeli pasti tidak suka jika pelayanannya lama. Jumlah orang yang anda pekerjakan tentu bervariasi tergantung pada kebutuhan dan skala usahanya.

Selain hal-hal di atas, anda juga harus memahami tentangannya. Usaha bubur ayam mungkin adalah salah satu usaha yang paling lazim ditemui di tanah air. Sehingga, merupakan sebuah kewajaran jika terdapat persaingan antara satu dengan yang lainnya. Namun, itu bukan soal, karena dengan semangat usaha dan daya kreativitas yang tinggi itu semua dapat teratasi. selain itu, bisnis makanan terutama bubur identiknya dengan masalah kebersihan

Masalah akan lebih besar jika anda harus berjualan berkeliling, karena dengan demikian resiko bubur ayam menjadi tercemar dengan debu dan bibit penyakit dijalan akan semakin besar. Oleh sebab itu, usahakan bubur ayam yang anda jual memiliki kesan bersih. Apalagi, jualan ini termasuk memiliki resiko yang besar jika bubur ayam yang di masak tidak habis hari yang sama. Meskipun bisa dipanaskan untuk mencegahnya menjadi basi. Cita rasanya tetap berbeda. Dan, jika dijual bisa jadi malah berubah menjadi boomerang yang akan mematikan citra sendiri.

Cara Membuat Bubur Ayam

Sebagaimana jenis makanan yang lainnya, cara membuat bubur ayam ini tidak sulit. Asal tersediah bahan-bahan terlebih dahulu maka tinggal melihat bagaimana cara mengolahnya. Berikut ini bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

  • 300 gram beras yang ducuci bersih.
  • 2.000 ml air.
  • 4 lembar daun salam.
  • Garam secukupnya.

Sedangkan, bahan untuk membuat kuah bubur ayam adalah:

  • ½ ekor ayam kampong yang di potong-potong,
  • 2.000 ml air,
  • 2 batang serai yang dimemarkan,
  • 3 lembar daun salam,
  • 1 ruas ibu jari lengkuas yang diremukkan, dan
  • Minyak goreng secukupnya

Adapun resep bumbu yang harus dihaliskan ialah:

  • 6 butir bawang merah,
  • 4 siung bawang putih,
  • ½ sendok the merica bubuk,
  • ½ ruas jari kunyit bakar, dan
  • Garam secukupnya.

Selain itu, anda harus menyiapkan pelengkap seperti:

  •  Kedelai goreng,
  • Bawang merah goreng,
  • Cakwe iris halus,
  • Kecap asin,
  • Seledri iris halusn dan
  • Kerupuk kanji.
  • cara-membuat-bubur-ayam

Setelah semua bahan terkumpul, dan siap untuk di olah, maka bisa langsung di tarik. Pertama, masukan bubur dengan mendidihkan air. Beras dimasukan pada air hingga mendidih sambil sesekali diaduk hingga beras hancur. Tambahkan daun salam dan garam sambil tetap di aduk

Kedua, pembuatan kuah dengan mendidihkan air dan masukan ayam kampung untuk di masak hingga ayam matang. Setelah itu, panaskan dua sendok makan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus, serai, daun salam, dan lengkuas hingga harum. Barulah setelah itu angkat, masukan ke dalam air rebusan ayam terus di aduk. Masak terus hingga ayam cukup lunak san bumbu meresap. Jika sudah meresap maka angkat ayamnya.

Ketiga, gorenglah ayam ( jangan terlalu kering ), kemudian disuwir-suwir dagingnya dan sisihkan. Kuahnya dapat disaring untuk disisihkan.

Keempat, siapkan mangkuk, tuangkan bubur ke dalamnya dan beri ayam suwir dengan ditaburi kedelai goreng, bawang merah goreng, cakwe, kecap asin, dan beri kuah panas-panas. Tambahkan seledri iris dan kerupuk. Bubur ayam siap disajikan.

Simulasi Usaha Bubur Ayam

1. PENGELUARAN

– Beras ( 6 kg x Rp 10.000,00/kg ) Rp 60.000,00
– Daging ayam ( 3kg X Rp 24.000,00/kg ) Rp 72.000,00
–  Bahan-bahan lain Rp 100.000,00
– Minuman ( es, teh, jeruk, gula ) Rp 50.000,00
– Gas elpiji Rp 20.000,00

TOTAL Rp 302.000,00

2. PENJUALAN
– Penjualan bubur ayam  40 porsi x Rp 80.000,00 Rp 320.000,00
– Penjualan Minuman 25 gelas x Rp 2.000,00 Rp 50.000,00

TOTAL Rp 370.000,00

3. KEUNTUNGAN
– Laba per hari Rp 370.000,00 – Rp 302.000,00
–  Laba per bulanRp 68.000,00 x 30 = Rp 2.040.000,00

Demikian artikel simulasi peluang usaha bubur ayam ini saya buat, mudah – mudahan dapat membantu anda untuk mencoba peluang usaha ini , dan untuk anda yang ingin mencoba usaha franchise anda bisa kunjungi halaman kami tentang Tips Marketing Franchisee, selamat mencoba dan salam sukses untuk anda.

Daftar perusahaan grosir baju murah grosir baju murah surabaya grosir baju anak surabaya kapasan

grosir baju anak murah surabaya grosir baju surabaya tangan pertama pusat grosir surabaya online shop

delta grosir surabaya supplier baju murah ecer fashionista surabaya kota sby jawa timur baju kaki lima